SURGANYA GUNUNG KIDUL PART 2



View Pantai Siung 

Gunung Kidul sangatlah banyak wisata pantainya dan mempersembahkan pesona yang luar biasa indahnya. Banyak lokasi tempat wisata pantai yang sudah melegenda dan terkenal seperti halnya Pantai Siung, Pantai Wedi Ombo , Pantai Drini , Pantai Baron . Pantai Krakal . Di postingan sebelumnya saya sudah bercerita tentang perjalanan saya ke salah satu pantai terkenal di Gunung Kidul yaitu Pantai Wedi Ombo . nah buat kalian yang belum baca , buruan cek dulu deh! Dan di postingan kali ini, seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, saya akan sedikit bercerita tentang keindahan Pantai Siung Yess!!!

View Pantai Siung 

Pantai Siung yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. letaknya memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, untuk menempuhnya kurang lebih membutuhkan jarak 80 Km dari Pusat Kota Jogja. Atau kurang lebih 3 jam naik kendaraan pribadi. Perjuangan berat menanti anda jika ingin berkunjung ke Pantai Siung Jogja, namun semuanya akan terbayarkan setelah anda datang ke kawasan pantai Ini.

View Pantai Siung 

Filosofi Pemberian Nama Pantai Siung ini ?

Sudarli ketua Pemukiman Pantai bercerita bahwa asal-usul nama pantai suing bahwa dahulu ada kisah gadis yang dipaksa akan dikawinkan dengan jejaka, tetapi si gadis tak mau, kemudian sembunyi di pantai dan dipungut sebagai anak oleh Nyi Lanter pedagang nasi di Watu Lawang. Roro Surti nama gadis itu kemudian dikawinkan dengan Raden Joko ‘manggolonya’ Prabu Browijoyo.

View Pantai Siung
" Jembatan Bambu "

Kemudian Roro Surti menjadi lurah Winangun Purwodadi, pelantikan lurah pada hari Rabu , Lurah Roro Surti mendapat kekancingan dari Kraton Ngayogyakarto, setelah meninggal di beri nama Nyi Kancing. Sampai sekarang Desa Purwodadi menggunakan hari Rabu Legi untuk Bersih Desa (Rasulan). Berkat Asihing Biyung (Katresnane Ibu) pantai tersebut diberi nama Siung. (Source http://www.gedangsari.com/inilah-asal-usul-nama-pantai-siung-gunungkidul.html)

View Pantai Siung 

Apa yang menarik dari Pantai Siung Gunung Kidul?

Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, pantai yang sangat bersih dan juga pasir putih yang membuat suasana pantai ini semakin menarik untuk menikmati liburan. Selain keindahan pantai, anda juga akan di berikan pemandangan batuan karang yang menjulang tinggi , nah bebatuan karang yang tinggi tersebut digunakan oleh pengelola pantai digunakan untuk wahana wisata panjat tebing batu karang yang kokoh. Cocok sekali untuk anda yang bernyali ekstrem mencoba wahana panjat tebing ini.

View Pantai Siung
" Jembatan Bambu "

Tidak hanya satu spot untuk memanjat tebing tetapi di pantai ini tersedia sekitar 250 spot panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda – beda, sehingga pantai ini mendapat penghargaan sebagai The Best Climbing Rocks Site in Yogyakarta.

View Pantai Siung 

Selain panjat tebing, kalian bisa juga untuk berkemah diatas batu karang maupun di pinggir pantai, jika saat berkemah cuaca bersahabat maka kalian akan di suguhkan pemandangan 1000 bintang. Untuk berkemah tidak ada syarat apapun tetapi kalian akan diberi tahu akan halnya pemahaman untuk tidak mendirikan tenda sembarangan dan juga dilarang keras untuk mengotori area sikitar pantai maupun dengan benda lainya yang dapat merusak habitat biota laut.

View Pantai Siung
" Jalan setapak menuju garden beach" 

Saat berkunjung ke Pantai Siung di bagian barat dari area parkir ada batu karang yang sudah di renovasi dan di beri jembatan dari bahan bambu dijadikan spot foto-foto. Masih di sekitar lokasi batu karang kalian bisa melipir lagi menuju ke spot foto lain dan disana ada penjaga yang akan mengarahkan kalian, oh iya sebelum masuk ke area ini kalian akan di tarif 25ribu per/orang. 

View Pantai Siung 
" Jalan setapak menuju garden beach"
View Pantai Siung
" Jalan setapak menuju garden beach"

View Pantai Siung 
" Jalan setapak menuju garden beach"

View Pantai Siung
" Jalan setapak menuju garden beach"

Sekitar 10 menit berjalan kaki kalian bisa menjumpai spot bernama Garden Beach , disana kalian akan menemukan pintu dari bambu dan berjalan menaiki tangga dari batu karang menuju ke atas dan kalian akan melihat jembatan menuju ke spot yang lebih menantang lagi karena langsung berhadapan dengan laut lepas serta ada spot foto untuk selfi berdua sama pasangan kalian hehe bisa di katakan ini spot yang romantis . 

View Pantai Siung 

Fasilitas di Pantai Siung ?

Pantai ini dilengkapi oleh fasilitas yang terbilang standar oleh kebanyakan pantai pada umumnya , seperti lahan parkir yang cukup untuk beberapa mobil , mini bus maupun bus besar , serta beberapa warung penjual makanan dan tidak ketinggalan fasilitas toilet dan musholla yang saya rasa cukup baik. 

View Lahan Parkir

Perjalanan ini adalah yang pertama kali berkunjung ke Gunung Kidul - Yogyakarta , lagi-lagi saya belum merasa puas untuk menikmati pesona Gunung Kidul, karena terbatas waktu juga saya harus menyudahi perjalanan saya saat berkunjung ke Gunung kidul - Jogjakarta ini. Masih banyak pantai yang belum saya hampiri juga seperti Pantai Jogan , Pantai Baron , Pantai Timang dengan jembatan adrenalin nya , dan puluhan pantai lain.

View Pantai Siung

Singkat cerita perjalanan saya kali ini semoga memberikan nilai positif untuk kalian semua dan kalian yang berkenan membaca tulisan saya ini saya doakan semoga semakin cinta dengan kekayaan Alam Indonesia dan juga tetap melestarikan agar selalu terjaga hingga akhir masanya .

#Exploreterusbah
#ExploreIndonesia
#WonderfulIndonesia   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua tentang saya !

EKSOTIKA PANTAI BAMA