Tips dan Trik memotret di pantai


View Pulau Tabuhan - Banyuwangi

Pantai mampu memberikan keindahan alam yang bisa kita jadikan spot favorit untuk fotografi. dan juga ada istilah "Santai seperti di pantai , slow seperti di pulau". nah kali ini saya akan lebih santai dalam pembuatan tulisan ini haha. Seperti kita ketahui bahww setiap obyek fotografi mempunyai ciri khas tertentu. Memotret saat di pantai bukan hanya saat matahari terbit maupun terbenam, melainkan di pagi hari maupun sore hari di waktu yang berbeda kita bisa mendapat pemandangan terbaik dari pantai tersebut. 

View Pantai Siung - Gunung Kidul
View Pantai Watu Lepek - Kab Malang

View Pantai Selok - Kab Malang 

Terkadang kita malah kebingungan saat sudah berada di pantai seakan-akan semua tampak sama, pasir yang berwarna putih , ombak air laut kemana kita ingin mengambil gambar hasilnya yang di dapatkan mirip. Berikut beberapa Tips dan Trik mengoptimalkan pantai sebagai spot fotografi yang keren.


View Pantai Selok - Kab Malang

1. Jangan ambil foto saat cahaya sedang terik (Over Light)
Kebanyakan foto-foto orang yang berada di pantai tepat di tengah hari, sehingga mendapatkan pencahayaan yang amat keras dan sangat tajam. hal-hal seperti ini seharusnya dapat di hindari alangkah baiknya saat kalian mengambil gambar saat siang hari , memperhatikan cahaya yang masuk di kamera agar tidak terlalu terang dan juga kalian harus lebih teliti lagi dari segi tehnik fotografi.


View Pantai Tegal Wangi - Bali Indonesia

2. Gunakan komposisi antara objek dan panorama
Seperti halnya fotografi lainnya , sekali lagi komposisi merupakan elemen penting dalam fotografi pantai. komposisi pantai mudah kalian temukan seperti perahu , bebatuan , ombak air laut , pasir pantai , pohon di pinggiran pantai , manusia , serta obyek yang akan di foto. Oh ya sob jangan lupa kalian perhatikan garis horizontal , Garis Horizontal wajib tampil lurus dalam pengambilan gambar karena jika miring akan mengurangi keindahan foto.


View Pantai Batu Jaran Hill - Bali Indonesia

View Pantai Kelingking Point - Nusa Penida Bali
3. Gunakan filter jika di perlukan
Kalian pasti tahu tentang filter itu sendiri, tidak hanya filter pada kamera saja karena pada jaman sekarang filter dapat kalian dapatkan di smartphone kalian tinggal search di google dan mendownloadnya. kalian akan mendapatkan filter-filter yang kalian inginkan atau dengan mengolah foto yang kalian ambil menggunakan aplikasi aplikasi yang sudah tersedia.


View Pantai Bajul Mati - Kab Malang

4. Pilih pakaian yg berwarna cerah 
Ngomongin soal pakaian nih saat kalian berkunjung ke pantai, sebaiknya kalian membawa pakaian berwarna kontras dengan warna air laut tersebut. beberapa warna yang cocok nih seperti warna merah , warna kuning , warna putih juga bisa , karena warna itu akan tampak sangat menyala di kamera dana menghasilkan foto yang menarik.


View Pantai Gatra - Kab Malang
View Pulau Seribu - Nusa Penida Bali 

5. Jangan lupa membawa aksesoris
Aksesoris jangan sampai tertinggal juga sob , banyak orang pasti ngomong, " buat apa sih bawa topi ?bawa tas ? atau kita berpenampilan ala-ala di pantai. nah aksesoris sendiri dapat membuat kalian lebih terlihat lucu atau menarik di kamera. atau kalian bisa membawa kain tenun yang di lilit di tubuh, bikin foto kalian lebih mempesona.


View Pantai Gatra - Kab Malang 


View Pantai Batu Jaran Hill - Bali

View Pantai Teluk Asmara - Kab Malang

6. Moment
Berbicara moment nah saya disini tidak berbicara decisive moment atau golden time. Moment disini dalam arti adalah kejadian yang akan kita ambil yang bisa membuat foto kita bercerita tanpa terlalu banyak mengolah kata. Nah kali ini saya akan sedikit berbagi contoh mengenai moment tersebut 


View Pantai Gatra - Kab Malang

View Pantai Teluk Asmara - Kab Malang

View Pulau Tabuhan - Banyuwangi


A. Menentukan Jadwal
Nah perbedaan yang saya ketahui antara fotografer pro dan fotografer baru yaitu mengenai jadwal. 

+ + " mengapa kita harus menentukan riset dan mentukan jadwal terlebih dahulu sangat penting bagi para fotografer? persiapan lebih dini adalah segalanya , sama halnya seperti orang mau menikah yang membutuhkan segala persiapan matang-matang agar tidak ada penyesalan di kemudian hari , begitu pula bagi para pecinta fotografi melakukan riset terlebih dahulu seperti mengenal detail pantai yang menjadi tujuan untuk memotret nanti sesuai dengan ekspektasi."

Cara melalukan riset sebelum tahap eksekusi sangatlah mudah , dari kita mencari referensi foto-foto di internet , sekiranya dapat dijadikan angel foto saja yang akan di ambil dan juga lebih mencari informasi mengenai lokasi pantai , sekitar area pantai semisal ada pepohanan , spot foto anti mainstream. 


View Pantai Batu Jaran Hill - Bali Indonesia


B. Golden Time
Sebelum kalian berangkat ke pantai pasti kalian mempunyai pandangan, Apakah saat matahari terbit atau matahari terbenam?

+ + Banyak para fotografer landscaper berangkat memotret saat pagi hari dan sore hari, karena cahaya saat itu masih sangat lembut dan dramatis, namun ketika traveling belum tentu bisa sampai tepat waktu sesuai dengan yang kita perkirakan. Saat traveling ke pantai saya biasanya berangkat lebih awak semisal berangkat dini hari dan sampai di pantai tujuab bisa bertemu dengan matahari terbit. setelah saya mendapat moment matahari terbit saya lanjutkan memotret lagi antara jam 06:00 sampai jam 09:00 setelah itu saya sempatkan untuk istirahat. Oh iya sob segala sesuatunya membutuhkan kenyamanan seperti rasa nyaman kita terhadap pasangan kita sendiri hal seperti itulah yang membuat hasil jepretan kita nanti sesuai harapan kita.


View Pantai Gatra - Kab Malang
View Pantai Teluk Asmara - Kab Malang

Ke-enam tips memotret di pantai mungkin terlihat sedikit rumit mengingat memang ada beberapa tehnik memotret yang belum saya sampaikan juga diatas. Namun hal tersebut tampaknya memang perlu di lakukan sebagai bentuk usaha dalam mendapatkan hasil jepretan foto yang lebih maksimal. nah kiranya tips foto pantai diatas yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

_________________________________________________


_________________________________________

More portofolio directly check on :


Instagram : @feqadimara_ 

#ExploreTrusBah

#ExploreIndonesia

#WonderfulIndonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua tentang saya !

SURGANYA GUNUNG KIDUL PART 2

EKSOTIKA PANTAI BAMA